VIRUS CORONA - COVID 19 ~ MENCEGAH, MENGATASI, DAN MENGOBATI




TulisansibocahdunguCorona, virus dengan nama lain Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini adalah jenis virus menular ke manusia. Virus mematikan ini bisa menyerang orang dewasa, anak – anak, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Corona saat ini menjadi salah satu wabah penyakit yang menyerang seluruh dunia. Berawal dari Wuhan, China, virus ini mulai menyebar keseluruh dunia. Virus ini bisa dibilang mematikan, siapa sangka mahluk dengan berdiameter 400 – 500 micro ini bisa merenggang nyawa manusia.

Jenis virus Corona ini adalah jenis Virus yang menyerang system pernafasan, membuat system pernafasan terinfeksi, sehingga membuat sesak nafas, hingga kematian. Namun, ada beberapa hal harus anda ketahui tentang Corona adalah gejala – gejala sebelum system pernafasan yang diserang. Secara umum gejala ini adalah infeksi pernafasan ringan seperti, flu dan batuk, namun apabila gejala tersebut tidak ditindak lanjuti ke petugas kesehatan lama – lama akan menyerang dan menginfeksi system pernafasan sehingga menyebabkan infeksi paru – paru (Pneumonia), Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).


Mengenal Corona dengan Gejalanya

Infeksi virus Corona atau sering disebut dengan COVID – 19 ini dapat ditandai dengan beberapa gejala. Seperti, flu, batuk, sakit tenggorokan, demam, pilek, dan sakit kepala. Apabila virus corana telah menyerang system pernafasan sehiingga pernafasan berat sudah ter-infeksi, maka bisa ditandai dengan gejala batuk berdahak (bahkan berdahak), sesak nafas, dan rasa nyeri di dada.
Namun ada 3 gejala umum dari serangan Virus Corona ini, Yaitu :
     
  •       Demam (Suhu tubuh diatas 38 Derajat Celcius)
  •           Batuk
  •       Sesak Nafas

Dari airtikeL yang dimuat beberapa sumber, hasil penilitian gejala COVID – 19 muncul kurang lebih 2 hari sampai 2 minggu setelah terkekena Virus Corona.

Memang dari gelaja – gejala tersebut tidak terlalu Nampak, oleh karena itu menjaga kesehatan harus diterapkan. Dari gejala  gejala diatas jangan sampai diremehkan, mungkin beberapa orang berkata “ini hanya batuk saja”, “ini pilek, mungkin besok sudah sembuh”.

Perlu diperhatikan ! memang tidak seperti yang kita kira, namun siapa sangka dari beberapa gejala – gejala ringan tersebut bisa membawa kematian ? lalu bagaimana langkah pertama apabila menjumpai gejala – hejala tersebut? Kapan harus pergi kedokter dan meng – konsultasikan gejala – gejala virus Corona yang dialami ?

Segera Pergi ke Dokter, apabila tubuh anda mengalami gejala – gejala infeksi virus Corona (COVID - 19) seperti yang dijelaskan diatas, terutama gejala – gejala itu muncul dalam rentan waktu 2 hari – 2 minggu setelah kembali daerah yang memiliki kasus COVID – 19, atau telah berhubungan social, bertatap muka, bahkan bersentuhan dengan korban Virus Corona (COVID - 19). Ingat, segera konsultasikan dan segera ke dokter apabila gejala – gejala diatas muncul, supaya cepat mendapatkan pengangan apabila positif terkena virus Corona (COVID - 19).

Bagaimana Virus Corona (COVID-19) menyebar ?

Virus Corona (COVID – 19) ini menyebar denagn berbagai cara. Kegiatan – kegiatan yang tidak pernah kita sadari ternyata menjadi penyebab ter-infeksi oleh virus Corona (COVID - 19). Word Healt Organization (WHO), telah mengungkap cara penyebaran virus corona ini.
Word Healt Organization (WHO) mengatakan, Virus Coroan (COVID - 19) ini menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika manusia yang ter – infeksi virus Corona (COVID - 19) bersin atau batuk. Lalu tetesan itu jatuh ke suatu permukaan, setelah itu disentuh oleh orang sehat, lalu orang sehat ini menyentuh mata, hidung, mulut mereka. Selain itu corona virus juga dapat menyebar ketika tetesan ini di hirup oleh orang lain, yang secara tidak langsung berdekatan dengan orang yang ter-infeksi virus Corona (COVID - 19). Tidak hanya itu, virus Corona (COVID – 19) juga bisa tersebar dengan bersentuhan langsung dengan penderita yang terserang virus ini. Oleh sebab itu, pentingnya kita menjaga jarak 1 meter lebih dari orang yang sakit, untuk mencegah tertularnya virus Corona (COVID – 19) ini.



Pengobatan Virus Corona (COVID - 19)

Seperti yang di kutip oleh aladokter.com, Infeksi virus Corona (COVID – 19) ini belum bisa di obati, terlebih infeksi virus Corona ini sudah parah. Mungkin dengan gejala – gejala yang telah dijelaskan sebelumnya, masih bisa ditangani untuk mereda gejala dan mencegah penyebaran virus Corona, yaitu :
  1. Merujuk atau membawa penderita untuk menjalani perawatan dan karantina dirumah sakit yang          dirujuk untuk menangani virus Corona (COVID - 19)
  2. Memberi obat Pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai dengan kondisi penderita
  3. Menganjurkan dan mendorong penderita untuk isolasi mandiri, dan istirahat yang cukup
  4. Banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh.


Cara Mencegah dan Melawan Virus Corona (COVID - 19)

Sampai saat ini, virus Corona (COVID – 19) belum ditemukan vaksin untuk mencegahnya. Oleh karena itu kita perlu berhati – hati , dengan menghindari faktor – faktor yang bisa menyebabkan virus Corona (COVID–19) menular ke tubuh kita. Adapaun cara untuk mencegah diri kita dengan virus Corona (COVID-19) yaitu :

  • Gunakan masker saat melakukan kegiatan di tempat umum dan keramaian
  • Rutin Mencuci tangan dengan air sabun atau Hand sanitizer yang mengandung alcohol minimal          60%, setelah anda berpergian atau beraktifitas di tempat umum atau keramaian
  • Hindari berpergian ke tempat – tempat yang ramai atau di kenal dengan (Social distancing)
  • Jangan menyentuh mata, hidung, mulut sebelum anda mencuci tangan anda dengan bersih
  • Tutup mulut dengan tissue saat batuk dan bersin, lalu buang tissue anda ke tempat sampah.
  • Makan masakan daging yang dimasak dan benar – benar matang
  • Hindari kontak langsung dengan hewan, terutama heawan liar. Apabila berkontak langsung, cuci          angan dan bersihkan tubuh anda dengan sabun
  • Pola hidup sehat perlu ditingkatkan, untuk menjaga daya tahan tubuh anda, karena virus Corona         (COVID-19) bisa dilawan dengan daya tahan tubuh yang optimal.
  • Hindari berdekatan, dan kontak langsung dengan orang yang sakit demam, pilek, flu, dan batuk
  • Jaga kebersihan.

Dengan kita menerapkan 10 cara mencegah dan melawan virus Coroana (COVID-19), kemungkinan besar virus Corona (COVID-19) sulit untuk masuk ke tubuh kita, bahkan kita terhindar dari virus Corona ini.

Apabila anda mengalami gejala – gejala diatas, dan merasa kurang enak, silahkan langsung segera cek kedokter atau anda bisa melakukan Cek Resiko Corona dengan aladokter.com, dengan ini anda bisa mengetahui resiko tertularnya virus Corona ditubuh anda untuk menggunakan fitur tersebut, anda dapat mengunjungi situs corona.aladokter.com untuk melakukan pemerikasaan. Ingat , jangan pernah sepelekan gejala – gejala ringan tersebut, apabila tidak mendapat penanganan, akan lebih serius Corona dalam meng-infeksi tubuh anda.