Cara Membuat File Soal Untuk Import ke Moodle Dengan Format Aiken (TXT)

Assalamuallaikum dan salam sejah tera bagi kita semua, pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan postingan tentang Moodle. Pada postingan sebelumnya admin sudah membuat tutorial untuk teman teman yang ingin menginstall moodle "Baca : Cara Install Moodle" . Nah pada kali ini admin akan membuat tutorial untuk rekan - rekan semua tentang Cara Import File Soal (TXT) Aiken Format ke Moodle

MOODLE, FORMAT SOAL, CARA, MEMBUAT SOAL, FILE TXT, FORMAT AIKEN, AIKEN FORMAT, TUTORIAL, MEMBUAT, SOAL, MOODLE, DI NOTEPAD, NOTEPAD, FILE TXT, TXT MOODLE, FILE MOODLE, IMPORT MOODLE, MEMBUAT FILE MOODLE, IMPORT, IMPORT SOAL, IMPORT SOAL TXT, SOAL MOODLE .TXT, WORD, WORD KE TXT, NOTEPAD FILE, SOAL MOODLE TXT


Nah pengalaman saya bekerja disebuah instansi pendidikan, kebanyakan bapak dan ibu guru membuat soal dalam bentuk MS.Word, dengan demikian file soal tidak bisa diimport kedalam moodle sebelum diubah dalam file notepad (.TXT). Untuk merubah file soal dari word ke notepad tentu tidak dengan kita copy paste dari word ke notepad, anda boleh dengan mengcopy paste, namun anda harus mengedit soal sehingga sesuai dengan format file TXT. Nah untuk membuat format file notepadnya, kita simak bersama tutorial dibawah ini. 


Format File Notepad Untuk Imoport Soal ke Moodle

Untuk membuat soal dalam file notepad, syarat dan ketentuannya adalah
  1. Untuk soal tidak boleh ada paragraf baru atau ENTER, hanya ada boleh SPASI (SPACE) saja, maksutnya apa bila dalam soal ada pragraf gabungkan saja pragraf nya dengan SPASI (SPACE), ini artinya sebanyak, sepanjang, dan bentuk apapun dari soal, anda tidak boleh untuk menekan enter pada soal yang anda buat hingga soal selesai. Lalu bagaimana jika soal copy paste dari word ? yap betul untuk soal yang copy paste dari word, anda harus mengeditnya terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan file notepadnya.(LIHAT CONTOH GAMBAR DIBAWAH)
  2. Untuk bentuk format jaawaban, hanya satu kali ENTER saja, jadi apabila soal yang anda buat telah selesai, anda tekan ENTER 1 kali saja untuk pilahan jawaban. Apabila anda sudah paham lalu untuk bentuk pilihan gandanya, pertama tertulis Huruf Pilihan Abjadna, lalu tanda baca TITIK (.), kemudian tekan tombol SPACE satu kali, dan disini baru isikan JAWABAN nya, Contoh : A. ISI_JAWABAN  (LIHAT CONTOH GAMBAR DIBAWAH)
  3. Yang ketiga, adalah mengisikan kunci jawaban dengan mengetikkan kalimat ANSWER: (KUNCI) dibawah pilihan ganda. Untuk penulisan kunci jawaban harus diisi dengan huruf kapital semua, lalu diikuti dengan tanda bca Titik Dua (:), lalu tekan space 1 kali, dan isikan Kunci jawabannya. Ingat untuk penulisan kuci jawaban hanya boleh ditulis abjadnya saja tidak dengan keterangannya. Contoh : ANSWER: A.  (LIHAT CONTOH GAMBAR DIBAWAH)
Disini saya akan kasih contoh penulisan soal :

perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) mempelajari interaksi yang terjadi dalam hubungan sosial (2) ilmu yang mempelajari ejala gejala alam dalam masyarakt (3) Disusun berdasarkan fakta sosial yang diteliti yang disusun secara logis (4) peneliti berpihak pada seorang tokoh yang diteliti (5) berusaha menganilisis sebuah realitas sosial. Ciri - ciri sosiologi ditunjukkan pada nomor ...
A. 1,2, dan 3
B. 1,2, dan 4
C. 1,3, dan 5
D. 2,4, dan 5
E. 3,4, dan 5
ANSWER: C

Lihat contoh diatas, pada bagian soal tidak terdapat paragraf baru atau ENTER untuk setiap soalnya, lalu hanya ada satu enter saja untuk pengisian pilihan gan dengan format pilihan ganda seperti diatas, lalau yang terakhir, ada satu enter dibawah pilihan ganda untuk pengisian kunci jawaban dengan format seperti atas.

Diatas adalah penjelasan tentang format penulisan Soal hingga jawaban untuk file notepad (.TXT), supaya lebih jelas saya kasihkan gambar contoh penulisan soal hingga jawaban dalam bentuk notepad. Perhatikan gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah salah satu contoh penulisan format Soal dalam bentuk TXT yang akan di import ke Moodle .

Penutup

Baik rekan - rekan semua, mungkin ini saja yang dapat disampaikan kuran lebihnya mohon maaf, apa bila ada saran dan pendapat, silahkan tinggalkan komentar ana dibawah. Apabila ini sangat bermanfaat, bisa dishare dan dibagikan untuk menambah wawasan. Terima Kasih
Selamat Mencoba.