APA ITU BANDAR UDARA (BANDARA) ?   


Selamat datang di blogger Sidungu, Terima kasih sudah berkunjung blog kami. Pada kesempatan kali ini, Sidungu akan memberikan sedikit informasi dan berbagi sedikit ilmu pengetahuan di dunia penerbangan, pada postingan sebelumnya telah di jelaskan tentang pengertian Penerbangan  itu sendiri, namun kali ini Sidungu akan berbagi tentang pengertian Bandara. Baik rekan rekan semua, langsung saja kita ke pembahasan.




BANDAR UDARA

Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.
Menurut Annex 14 dari ICAO (InternationalCivil Aviation Organization): Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat.
Bandar udara atau sering di sebut Bandara ini adalah sebagai terminal untuk pesawat udara atau pesawat terbang. Jika rekan – rekan ingin bepergian keluar kota, provinsi, ataupun luar pulau mungkin rekan- rekan ada yang menggunakan jasa angkutan darat, ataupun laut rekan rekan bisa datang ke terminal Bus, stasius kereta api, dan Pelabuhan , dan bandara ini lah yang menjadi terminal untuk pesawat udara, apabila anda ingin berpergian menggunakan jasa angkutan udara.



Sedangkan definisi bandar udara menurut PT (persero) Angkasa Pura adalah "lapangan udara, termasuk segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat"
Bandar Udara atau bandara juga masih di bedakan menjadi 3 tipe bandar udara.
Ø  BANDAR UDARA DOMESTIK
Ø  BANDAR UDARA INTERNASIONAL
Ø  BANDAR UDARA REGIONAL
Dari tiga tipe bandar udara diatas, dibedakan dengan fungsi dan jenis layanan penerbangan yang terdapat di bandara tersebut. Bandar udara atau bandara juga memberikan beberapa pelayanan dan fasilitas yang berbeda – beda. Biasanya di bandara – bandar besar terdapat Hangar Pesawat, Bea Cukai, dan imigrasi.
Namun di zaman sekarang Bandara bukan hanya untuk tampat landas dan landing nya pesawat udara, tetapi banyak perkembangan fasilitas di dalamnya, seperti toko makanan, tempat rest area , ruang tunggu, restoran, bahkan Hotel / Penginapan. Itu semua di kembangkan untuk memfasilitasi penumpang atau masnyarakat yang menggunakan jasa pesawat terbang.

Mungkin sekian informasi yang dapat disampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Salam Hormat, Sidungu J


Sumber :