Tutorial Install Wordpress Pada Ubuntu 16.10

Wordpress adalah salah satu CMS yang sering digunakan pra pecinta blog dan websites. Tidak sedikit blogger yang menggunakan CMS ini. Wordpress juga dapat kita gunakan sebgai admin panel pada blog kita jadi ketika kita berda pada hosting kita tidak perlu meng edit file web nya, tinggal kita buka admin panel yang ada pada wordpress, dengan begitu kita bisa membuka, membuat, menghapus, dan meng-edit konten websites ataupun blog kita.


WORDPRESS, INSTALL WORDPRESS, CARA INSTALL WORDPRESS, TUTORIAL, TERBARU, UBUNTU, UBUNTU SERVER, UBUNTU DESKTOP, WORDPRESS, INSTALL WORDPRESS, UBUNTU 16.10, WORPRESS INSTALL, INSTALLATION, WORDPRESS

Wordpress ini dapat diinstal diberbagai macam OS, seperti Linux, Microsoft Windows, dan Mac OS. Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan artikel Tutorial Install Wordpress di Ubuntu 16.10. Baik teman - teman langsung saja kita simak tutorial dibawah ini.

Instalasi Wordpress pada Ubuntu 16.10

Kita lansgsung masuk ke langkah pertama, sebelum anda melakukan instalasi wordpress pada ubuntu anda, pastikan anda sudah membuat database untuk wordpress yang akan anda install. "Baca : Cara Install DataBase Server Pada Ubuntu"

Untuk membuat databasenya, buka browser kesayangan anda, lalu buka alamat url

http:localhost/phpmyadmin

Langkah selanjutnya adalah membuat database nya, klick pada menu database pada dasboard admin phpmyadmin, letaknya diatas sebelah kiri. Jika sudah masukkan nama database nya dengan nama "wordpress" (tanpa tanda petik). Lalu klick ok.


Cara diatas adalah cara membuat data base dengan versi desktop anda bisa membuatnya melalui terminal pada ubuntu, simak caranya dibawah untuk cara pada terminal Ubuntu.

Pertama masukkan perintah mysql -u root -p untuk masuk kedalam myslq anda, lalu masukkan password, dan tekan enter. Jika anda sudah masuk kedalam mysql, ketik script dibawah ini untuk membuat database. 

CREATE DATABASE wordpressdb;
CREATE USER wordpressuser@localhost IDENTIFIED BY 'wordpresspassword';
GRANT ALL PRIVILEGES ON wordpressdb.* TO wordpressuser@localhost;
FLUSH PRIVILEGES;
exit;
Jika anda sudah melakukkannya, restart mysql anda dan apache web servernya dengan cara 

service mysql restart
service apache2 restart

Jika anda sudah merestartnya, kita akan memulai peng-installasian Wordpress. Pertama anda masuk ke folder tmp, ini hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan wordpress sementara saja, tidak harus pada folder tmp juga. Jika anda sudah masuk silahkan download wordpressnya, ikuti langkah dibawah :

cd /tmp
wget http://wordpress.org/latest.zip
Tunggu hingga prosses download selesai, lalu buka file zip-nya, jika anda belum menginstall program untuk membuka file zip, silahkan install unzip terlebih dahulu, ikuti langkah dibawah :

apt-get install unzip
unzip -q latest.zip -d /var/www/html/
Langkah selanjutnya adalah kita harus membuat directory "uploads" yang ditempatkan pada folder wp-content, ini bertujuan supaya ketika kita menginstall plugins pada wordpress wordpress akan langsung mengalihkan ke dalam directory uploads, pengalaman saya menginstall plugins, tanpa directtory "uploads", terjadi error dan tidak bisa menginstall plugins tersebut, baik lansung saja kita ikuti langkahnya dibawah ini. :

mkdir -p /var/www/html/wordpress/wp-content/uploads
Baik langkah selanjutnya adalah kita setting permissionnya terlebih dahulu, ikuti langkah dibawah :

chown -R www-data:www-data /var/www/html/wordpress
chmod -R 755 /var/www/html/wordpress
chown -R www-data:www-data /var/www/html/wordpress/wp-content/uploads
Nah sampai disini prosses config sudah selesai sekarang tinggal kita install worpress nya melalui web browser. Buka web browser kesayangan anda, lalu ketikkan pada kolom url :

http://your.ip.address/wordpress
Jika anda sudah membukanya, anda akan menemui langkah penginstallan wordpress seperti dibawah ini. Pilih bahasa untuk penginstallan, saran pilih bahasa inggris saja, dan klick continue.


Selanjutnya anda akan menemui screnn welcome, pilih saja let's go untuk melanjutkan installasi.


Pada laman selanjutnya anda akan diperintahkan untuk engsikan koneksi database anda, isikan sesuai database, dan severhost anda, lihat gambar dibawah.



Jika langkah diatas mengalami proble/masalah silahkan anda config secara manual pada file w-config.php. Pada tahap ini mungkin file wp-config.php pada wordpress tidak ada namun tidak usah hawatir, anda edit saja file wp-config-dist.php, ikuti langkah dibawah .

cd /var/www/html/wordpress
nano wp-config-dist.php
/ ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'wordpress'); /** FILE YANG PERLU DI EDIT */
/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'root'); /** FILE YANG PERLU DI EDIT */
/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'k1n1kum4n'); /** FILE YANG PERLU DI EDIT */
/** MySQL hostname */
define('DB_HOST', 'localhost'); /** FILE YANG PERLU DI EDIT */
/** Database Charset to use in creating database tables. */
define('DB_CHARSET', 'utf8mb4'); /** FILE YANG PERLU DI EDIT */
/** The Database Collate type. Don't change this if in doubt. */
define('DB_COLLATE', ''); ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
Jika anda sudah mengeditnya simpan file nya, dan kembali ke installasi. Caranya untuk menyimpan :
tekan tombol ctrl+x, lalu tekan Y, dan tekan enter.

Pada tahap selanjutnya anda akan dialihkan ke laman seperti gambar dibawah ini. 
Persiapkan juga data informasi seperti berikut untuk kebutuhan install wordpress:

Site Title = My Wordpress

Admin Email = admin@example.com
Username = admin
Admin password = Sidungu


Apabila anda sudah memasukkan data - data nya, pilih Install Wordpress, tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika melihat tampilan seperti gambar berikut, ini menandakan bahwa proses install wordpress telah selesai dan perlu kita lakukan selanjutnya melakukan settingan dan beberapa pengaturan lainnya.


Nah sebelum anda melakukan pengaturan yang lainnya, silahkan anda login terlebih dahulu.


Nha jika anda sudah login dan sudah berada didalam dasborad, yang perlu disetting adalah permalink, langkahnya adalah pilih menu setting pada menu bar disebelah kiri, bawah, lalu pilih menu permalinks, dan arahkan permalink ke post-name.


Penutup

Sampai disini prosses installasi wordpress anda telah selesai, selamat menikmati, dan buatlah postingan yang menarik pada blog anda. 

Mungkin ini saja yang dapat disampaikan, ada kurang lebihnya mohon maaf, serta apabila ada saran dan masukkan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Terima Kasih

Wassalamuallaikum.