Tutorial Install Phpmyadmin Pada Ubuntu Server 14.04

Assalamuallaikum Sobat, dan salam sejah tera bagi kita semua. Pada kali ini admin Sidungu , akan berbagi artikel seputar tentang administrasi server. Pada artikel kali ini mimin akan memberkan artikel tentang Tutorial Installasi Database Server Phpmyadmin Pada Ubuntu Server 14.04. Dalam penggunaan server berbasis websites, MYSQL ini sangat dibutuhkan dalam server, apalagi jika anda menggunakan server untuk layanan websites dinamis.


DATA BASE, SERVER, MYSQL, MYSQL-SERVER, MYSQL-CLIENT, WEB SERVER, PHP5, DATABASE, INTALLASI, UBUNTU SERVER, LINUX, UBUNTU SERVER 14.04, PHPMYADMIN, SERVER PHPMYADMIN.

Phpmyadmin ini adalah , ibaratkan sebuah perantara kita dalam membuat, edit, dan menghapus data base, pada artikel mimin sebelumnya, yaitu Cara Installasi MYSQL Pada Ubuntu Server 14.04, dijelaskan bahwa kita dapat menggunakan mysql dalam bentuk kode/script dalam server. Nah Phpmyadmin inilah yang akan mempermudah kita semua untuk mengkonfig dari mysql, kita bisa drag and drop, dan jika anda ingin menggunakan script pada phpmyadmin juga menyediakan text editor untuk membuat, meng-edit, dan menghapus databse nya. Oke sobat tanpa basa - basi lagi kita simak langsung tutorialnya.


Tutorial Installasi Phpmyadmin Di Ubuntu Server 14.04

Sebelum anda menginstall aplikasi PHP5 pada web server pastikan Ubuntu server anda sudah update, jika anda belum meng updatenya silahkan update terlebih dahulu, dengan cara ketik scripct dibawah ini.

sudo apt-get update

Langkah Kedua adalah, silahkan anda insall phpmyadmin nya, lihat kode dibawah ini :

sudo apt-get install phmyadmin

Dilangkah selanjut nya anda akan menjumpai Configure Phpmyadmin, disini pilih saja apache2, jik anda menggunakan web server httpd, pilih httpd .

Selanjutnya Isikan Password untuk login ke phpmyadmin.

Langkah selanjutnya restart webserver dan mysqlnya :

sudo service apache2 restart
sudo service mysql restart

Langkah terakhir silahkan anda cek melalu web browser kesayangan anda, dengan cara :

http://your.ip.addres/phpmyadmin

Jika anda masuk kedalam login phpmy admin sperti gambar dibawah berarti Installasi anda telah berhasil.



Gimana sobat mudah bukan ? Teruslah mencoba hal - hal yang menurut anda perlu dipelajari, dengan begitu, sedikit demi sedikit ilmu anda akan menambah, dan anda akan menjadi seorang ahli dan master.

Mungkin Itu saja yang dapat saya sampaikan kuran lebihnya mohon maaf, serta apa bila ada masukan dan saran silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.
Sekian Terima Kasih :)