Mengenal Desktop Environment Pada Linux

Linux merupakan salah satu distro OS yang bisa dibilang power full. Kenapa ? kalau menurut pengalaman admin sendiri, pada distro linux banyak kelebihan - kelebihan dari setiap OS nya. Dan salah satunya adalah Desktop. Membahas masalah desktop sobat, pada linux mempunyai kelebihan, yaitu anda bisa menginstall, atau mengganti beberapa tampilan dari tampilan desktop anda. Yap betul sekali pada linux ini bisa diinstall lebih dari 1 desktop. Apa sajakah itu ? mari kita simak artikel berikut.

Desktop Environment Pada Linux

Dipembukaan awal tadi mimin sudah menjelaskan kelebihan dari linux dalam kategori desktop, yaitu anda bisa meng-install lebih dari satu desktop pada os linux anda. Nah  sekarang admin akan menjelaskan beberapa apa saja Desktop Environment pada linux ini.

Macam - macam Desktop Environment Pada Linux

  • Unity
  • Mate
  • KDE
  • GNOME
  • XFCE
  • LXDE
  • CINNAMON
  • LXQT
Nah sobat diatas itu adalah beberapa macam desktop environment yang bisa diinstal pada OS Linux anda secara FREE. Dari sekian macam jenis Desktop Environment (DE) semua memiliki kelebihan tersendiri. Maka dari itu sesuaikan saja selera anda yang mana untuk diinstal pada OS anda.

Unity Desktop Environmen

Unity adalah salah satu Desktop Environmen yang dibentuk khusus untuk Ubuntu. Unity merupakan DE yang cocok untuk para pengguna komputer. Dengan design yang simple namun menarik dan ulem dalam pandangan. Unity ini juga berjalan diatas lapisan atau naungan shell GNOME. yang dikembangkan oleh Canonical Ltd untuk ubuntu. Dan yang lebih menariknya Unity ini juga dapat diterapkan kepada para pengguna/user tetikus, layar sentuh, dan keyboard. Kesimple-an dari tampilan ini juga mempunyai banyak nilai sobat, dengan panel disebelah kiri dan memanajemen menu bagian atas. Unity ini juga ada 2 jenis yaitu Unity dan Unity 2D, perbedaannya adalah Unity adalah salah satu dari shell, namun Unity 2D adalah sebuah aplikasi. Bagaimana ? menarik bukan.

 


K DESKTOP ENVIRONMENT (KDE)

K Desktop Environtmen atau sering kita sebut denga KDE merupakan salah satu Desktop Environmet yang mempunyai kualitas grafis yang indah. KDE ini dapat kita jumpai dari berbagi macam sistem UNIX, termasuk LINUX, BSD, dan SOLARIS. KDE juga dapat kita jumpai dan dapat digunakan pada Mac OS, namun pada Mac OS harus dibantu dengan Sistem X11, serta tidak kalah menariknya, KDE ini juga bisa diterapkan pada sistem Windows Microsoft, dan pada Windows dibantu dengan sistem Cygwin. Ada beberpa keunggulan dan kelebihan dari KDE ini, yaitu kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur.


MATE DESKTOP ENVIRONMENT

Nama “MATE”, diucapkan Ma-Tay, berasal dari yerba maté, sebuah spesies tanaman asli di daerah subtropis Amerika Selatan. Daunnya mengandung kafein dan digunakan untuk membuat sebuah minuman disebut mate. Mate merupakan salah satu lingkungan Desktop yang menarik untuk digunakan. Mate ini adalah salah satu bawaan dari GNOME, yang terkenal dengan ntuitif dan atraktif menggunakan metafor tradisional untuk sistem operasi Linux dan Unix-like. ntuitif dan atraktif menggunakan metafor tradisional untuk sistem operasi Linux dan Unix-like. Ada beberapa distribusi yang mendukung dari Mate Desktop environment ini, seperti Debian, Fedora, FreeBSD, OpenSUSE, dan masih banyak lagi tentunya. Pada Desktop environment Mate ini, juga terdapat beberapa aplikasi, dari bawaan GNOME, namun untuk nama aplikasinya disini tidak disamakan, hal ini bertujuan untuk menghindari konflik dengan komponen GNOME. 



GNOME DESKTOP ENVIRONMENT

GNOME Desktop merupakan akronim dari GNU Network Object Model Environment, sesuai dengan rencana awalnya untuk mendistribuskikan kerangka objek yang mirip dengan Microsoft Ole. Sebagai lingkungan desktop dan platform pengembangan, Software bebas ini menjadi pilihan sejumlah industri terkemuka. Banyak digunakan oleh pengguna dari kalangan bisnis, rumahan, maupun pengembang software.


XFCE DESKTOP ENVIRONMENT

 XFCE merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Ini bertujuan untuk  mempercepat, memperingan, menarik secara visual dan mudah digunakan. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk menjalankan desktop modern pada perangkat keras yang relatif sederhana.. Selain itu XFCE ini juga menyediakan kerangka pengembangan aplikasi. Sudah banyak aplkasi yang dikembangakannya, yaitu, xfwm, orange, dan thunar.


LXDE DESKTOP ENVIRONMENT


LXDE, Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untuK menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE juga menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. 



CINAMMON DESKTOP ENVIRONMENT

Berbeda dengan Desktop Environtment lainnya, Cinammon sendiri ini, dibuat dan dikembangkan oleh linux mint, dan khusus untuk linux mint. Pada awalnya Cinnamon Desktop Environment ini dalah sebuah paket Gnome Shell Extension yang bernama Mint Gnome Shell Extension (MGSE). Kemudian menjadi fork dari Gnome shell dengan Window Manager sendiri bernama Muffin (Gnome Shell menggunakan Mutter). Sejak versi 2.0 sudah lepas dari gnome shell dan sekarang menjadi DE sendiri tanpa library dari gnome shell.


 LXQT DESKTOP ENVIRONMENT

LXQt ini merupakan gabungan dari pengembangan Desktop Environment dari LXDE dan RazorQT, sehingga Desktop Environment ini dinamakan dengan julukan LXQt. LXQt adalah porting Qt dari desktop environment LXDE, Lighweight Desktop Environment. Produk ini dihasilkan dari penggabungan project LXDE dan Razor-Qt. 



PENUTUP

Dengan perkembangan yang sangat pesat didalam dunia IT saat ini, mengenai Desktop Environment sudah bekembang pesat, bahkan kelebihan ini sudah lengkap dan sangat berinovasi, sehingga bisa dibilang Desktop Environment Linux ini sudah melebihi dari tampilan Mac OS, dan Windows.

Baik rekan -rekan semua mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan adapun kurang lebihnya mohon maaf, dan apabila ada saran dan masukkan silahkan tinggal kan pesan anda pada kolom komentar.
Terima Kasih.