Tutorial Install PHP5 Pada Ubuntu Server 14.04

Assalamuallaikum Sobat, dan salam sejah tera bagi kita semua. Pada kali ini admin Sidungu , akan berbagi artikel seputar tentang administrasi server. Pada artikel kali ini mimin akan memberkan artikel tentang Tutorial Installasi PHP5 Pada Ubuntu Server 14.04. Dalam penggunaan server berbasis websites, php5 ini sangat dibutuhkan dalam server, apalagi jika anda menggunakan server untuk layanan websites dinamis. Oke langsung saja kita simak tutorialnya sebagai berikut :


Tutorial Install PHP5 Pada Ubuntu Server

Sebelum anda menginstall aplikasi PHP5 pada web server pastikan Ubuntu server anda sudah update, jika anda belum meng updatenya silahkan update terlebih dahulu, dengan cara ketik scripct dibawah ini.

sudo apt-get update

Langkah selanjutnya apabila anda sudah mengupdate OS Ubntu Server anda, silahkan eksekusi script dibawah.

sudo apt-get install php5

Langkah ketiga, tunggulah sampai hingga proses selesai, jika tidak ada masalah berarti anda sudah berhasil mengintall PHP5 pada Server anda. Untuk mengecek nya, silahkan anda masuk ke web document root nya dengan cara :

sudo cd /var/ww/html

Jika anda sudah berada dalam document root, buat lah file info.php, caranya adalah :

sudo nano info.php

Selanjutnya anda akan menjumpai halam kosong yang siap untuk diedit, lalu masukkan kode php info seperti dibawah ini :

<?php 
phpinfo();
?>

Jika sudah simpan dan tutup filnya, caranya tekan tombol ctrl+o, lalu enter, dan tekan lagi tombol ctrl+x.

Selanjutnya restart webserver anda, lalu cek apakah php5 sudah terinstall dalam server anda dengan cara, meng akses server menggunakan web browser kesayangan anda dengan mengetikkan ip addresnya :

http://your.ip.address/info.php

Jika anda melihat informasi tentang php yang sudah anda install tadi maka artinya, installasi anda berhasil.

Gimana sobat ? mudah bukan. Semoga hasil uci coba anda berhasil. Mungkin itu saja yang dapat mimin sampaikan apabila ada kekruangan dan tutur kata dalam artikel kurang berkenan mohon dimaafkan, serta apabila ada yang perlu ditanyakan, dan kirim saran silahkan tinggal kan komentar sobat semua pada kolom komentar dibawah.

Sekian Terima Kasih :)