Cara Kerja Google Adsense (GA - Panduan Untuk Pemula)

Tulisansibocahdungu.blogspot.com -  GA atau sering kita sebut dengan Google Adsense ini sudah tidak lagi asing dipandang masyarakat, terutama para penikmat Blogger dan Yutube . Google Adsense ini adalah salah satu layanan, atau program kerja sama untuk para Blogger dan Yutuber dalam menghasilkan uang dan pendaptan dari kerjasama tersebut, apa kerjasama nya itu ? iya betul, kerja sama nya adalah dalam bentuk pengiklanan, untuk lebih jelas nya apa itu google adsense silahkan baca artikel saya yaitu tentang APA ITU GOOGLE ADSENSE ?.



Mungkin banyak orang yang mempunyai account Blogger dan Yutube , dan sudah terdaftar pada Google Adsense , namun mereka belum tahu bagaimana alurnya, sistem kerjanya, dll.

untuk anda para pemula sebaiknya anda harus memahami betul tentang kerjasama ini, terutama cara kerja dari kerjasama ini. Dalam sekian banyak para Blogger, dan saya pernah survey, 16 dari 20 orang blogger, belum tahu cara dan sistem kerjanya dari Google Adsense. Mungkin mereka memang ingin dan berambisi untuk mendapatkan uang dari Google Adsense , namun sangat disayangkan penghasilan mereka tidak sesuai dengan harapan, karena kurang pahamnya dari sistemkerja Google Adsense ini. 


Untuk jelasnya apa saja istilah istilah dalam sistem kerja dari Google Adsense ini, langsung saja simak artikel dibawah ini.





Cara Kerja Goog Adsense (GA)

Secara garis besar, pada hal ini anda harus benar benar memahami dari pengiklanan ini. Bentuk kerja sama ini harus dipicu oleh beberapa faktor, dan anda tentunya untuk para Blogger dan Yutuber harus tau dan paham dari faktor faktor dan komponen ini. 

Sejatinya ada empat faktor dan komponen dalam pengikalanan :

A. Advertiser (Pengiklanan)

Dalam hal kerjasama seperti ini (pengiklanan), pengiklanan benar benar memanfaatkan penyedia, atau orang yang mempunyai blog untuk dapat dipasangkan iklan, jadi disni yang dimaksud adalah, pengiklan memanfaatkan blog atau website kita untuk menempelkan iklan nya, dengan demikian pengiklanan akan berjalan dengan sebagaimana mestinya. Nah para pengiklan ini akan memberikan kode html kepada anda untuk ditempelkan pada bagian blog atau website anda. Berbeda dengan pengiklan yang mengiklankan produknya mealui Google Adsense, mereka harus mendaftakan terlebih dahulu ke Google Adword.

Nah setelah para pengiklan sudah mempuyai accunt Google adword, mereka akan melakukan permohonan terhadap pihak google untuk meng-ikankan produk yang telah diajukan. para pengiklan juga bisa memilih bentuk dan jenis dari produk mereka yang akan di iklankan. Apa saja bentuk bentuk dari pengiklanan tersebut ?


1. Konten adsense (Adsense For Content)

adalah salah satu iklan yang memungkinakan untuk kita pasang atau tempelkan pada blog atau website kita. dan pada intinya iklan ini akan dipromosikan oleh owner dari blog (pemilik blog) melalui blog atau web site nya.


2. Pencarian Adsense (Adsense For Search)

dalam hal ini, owner (pemilik) dari blog, akan menampilkan mesin pencari google pada blognya. Mesin pencari ini akan biasanya akan muncul ketika pengunjung melakukan pada mesin pencarian google. Lalu bagaimana penghasilan dari tipe ini ? pada kasus ini, pemilik blog atau website akan mendaptkan komisi atau bayaran dari Google Adsense, ketika pengunjung melakukan pencarian pada mesin pencari yang berada pada blog atau website tersebut. 


3. Video Adsense (Adsense For Video)

Adsense For Video adalah iklan dari adsense yang berupa video, iklan ini akan ditampilkan pada blog atau website anda dalam bentuk video, biasanya ini, pada Yutube.


4. Adsense For Mobile

Dalam kasus ini, klan adsense akan ditampilkan pada khusus untuk mobile. (HP)

B. Pemnyedia layanan iklan

Penyedia layanan iklan adalah, google memberikan layan khusus kepada pengiklan untuk memasarkan iklannya, penyedia layanan ini adalah Google Adword . Google Adword ini akan membantu para pengiklan untuk memsarkan pruduknya melalui google.

C. Publisher (Pihak Yang Meng-iklankan Produk)

Dalam hal ini, Publisher adalah kita, orang yang mempunyai web atau blog, untuk menawarkan tempat atau bagian tempat kepada Advertiser, untuk mengiklankan produknya kepada blog atau website kita. namun, dalam kasus ini, tidak mudah untuk menawar kan blog ita untuk bisa bekerja sama agar bisa ditempati iklan oleh advertiser, harus melakukan langkah dan pengjuan khusus agar website atau blog kita bisa diterima sebagi publisher adsense.

sebetulnya ada beberapa hal yang harus diketahui oleh seorang publisher, dalam mengiklankan suatu prduk, hal ini akan menentukan besar kecilnya pendapatan anda juga. Ada beberapa istilah dalam google adsense yang harus anda ketahui, dan pahami disini. : 


Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. itu dikarenakan antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad UnitsLink UnitsAdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Unitsdengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Biasanya, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

D. Pengunjung

Pengujung atau konsumen ini, adalah orang yang menikmati bog kita, dan memberikan suatu penghasilan dari apa yang sudah kita kerjakan, kenapa begitu ? kerna dengan ada nya konsumen membuka blog atau website kita, konsumen atau pengunjung akan spontan untuk meng klik iklan pada halaman website kita, entah itu akan berkelanjutan atau hanya di tutup saja. ketika konsumen atau pengunjung tersebut berminat dengan iklan yang ada pada blog atau website kita disitlah kita mendapat kan keuntungan dari kerjasama tersebut.



Mungkin hanya ini saja sobat yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila ada saran silahkan tingglakan komentar anda pada kolom dibawah.

Terimakasih