Persyaratan Pendaftaran Kuliah Jalur Undangan (SNMPTN)

Assalamuallaikum, dan salam sejah tera bagi kita semua. Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membagikan info kepada teman - teman semua yang akan melanjutka pendidikan sekolah setelah lulus SLTA, ketingkat lebih tinggi yaitu Kuliah.
Pada kali ini, admin akan membahas seputar SNMPTN. Untuk rekan - rekan yang akan mendaftarkan diri melalui jalur ini, teman - teman harus memiliki nilai raport dengan grafik yang stabil dalam setiap semestenya dalam arti, rata - rata nilai raport tidak naik turun dalam setiap semesternya, Untuk Lebih Lengkapnya silahkan baca : Info Pendaftaran SNMPTN Tahun 2017/2018.


SNMPTN, PENDAFTRANA ONLINE, PMB, PMDK, PTN, PERGURUAN TINGGI, PERGURUAN TINGGI NEGERI, PENDAFTARAN, PENERIMAAN MAHASISWA BARU, JALUR UNDANGAN, PENERIMAAN JALUR UNDANGAN, ONLINE, PENDAFTARAN BARU, INFO PENDAFTARAN, INFO SNMPTN, SNMPTN 2017, PERSYARATAN, PERSYARATAN - PERSYARATAN, MASUK SNMPTN, SYARAT MASUK SNMPTN.
Selain itu, masih banyak persyaratan - persyaratan yang harus teman - teman penuhi.
Persyaratan - Persyaratan tersebut ialah sebagai berikut :

Pesyaratan Masuk SNMPTN

Untuk persyaratan dan ketentuan dalam mendaftar SNMPTN atau Jalur Undangan adalah sebagai berikut :

Ketentuan Umum

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.
  1. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  2. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  3. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  1. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  2. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  5. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2017 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.
Setelah anda membaca persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar SNMPTN , siapkan lah mulai dari sekarang, ini bertujuan supaya data dan verifikasi data tidak ada kesalahan, jikalau data anda terdapat kesalahan, dan waktu tempo telah habis, maka data yang telah diverivikasi tidak dapat diubah. Untuk teman teman yang masih sekolah, apabila ingin masuk PTN melalui Jalur Undangan atau SNMPTN, perbaikilah nilai - nilai raport anda yang masih kurang, dan segera minta perbaikan ke bapak dan ibu guru yang bersangkutan.
Setelah ini, anda tinggal mendaftarkan diri secara ONLINE. Untuk langkah - langkah pendaftaran bisa anda lihat Link dibawah ini.
PERLU ANDA BACA :
Demikian lah info dari admin yang dapat disampaikan. Info diatas adalah info dari web resmi snmptnAdapun perubahan jadwal dan ketentuan yang menyankut pendaftaran, silah kan hubungi atau kunjungi web resmi dari snmptn.
Semoga teman – teman semua dapat menggapai cita – cita dan keinginan yang diharapkan. Admin hanya mendoakan rekan – rekan semua bisa lolos dan diterima di PTN maupun di Politeknik Negeri.
Sekian dari Sidungu, kurang lebihnya mohon maaf, apabila ada pertanyaan dan saran silahkan tinggalkan komentar anda. Terima Kasih
Wassalamuallaikum Wr.Wb.