CARA MEMBUAT MENAMBAH DAN MENGGANTI USER PASSWORD MIKROTIK DENGAN WINBOX


Tulisansibocahdungu – MikRotik adalah  salah satu router yang mempunyai dekstop config (configurasi dengan desktop. Dengan adanya desktop config, kita semua bisa mengconfigurasi dengan cara desktop, bagaimana mudah bukan ? dengan adanya tool ini, kita semua bisa lebih mudah dalam mengkonfigurasi router mikrorik ini, yap tidak salah lagi, tools ini bernama Winbox, anda semua pasti sudah taumengenai ini. Pada Winbox ini, kita semua bisa mengkofigurasi router mulai dari setting username, nama mikrotik nya, dll, semua nya lengkap ada pada tools ini.

Nah sobat pada kali ini, saya akan membuat materi, dan bahasan tentang mengenai, cara membuat , mengganti, dan menambah user & password pada miktik menggunakan winbox.
User dan password ini nanti nya akan sangat berguna bagi keamanan router MikroTik anda semua. Anda tidak perlu bingung , langsuing saja simak Tutorial dibawah

MENAMBAH DAN MENGGANTI USER PASSWORD MIKROTIK DENGAN WINBOX

1Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, download aplikasi Winbox dulu Disini

2. Jika sudah mendownload Winbox, langkah kedua nyalakan Router Mikrotik anda, lalu koneksikan pc/laptop menggunakan kabel LAN anda pada Mikrotik

3. Sebelum masuk langkah ketiga, pastikan bahwa anda sudah mengkoneksikan pc/laptop anda dengan benar. Jika sudah konek buka winbox lalu klik tombol kanan, lalu tunggu hingga muncul List mikrotik yang sudah terkoneksi pada pc anda, lalu klick pada list mikrotik yang sudah terkoneksi dengan pc anda, jika sudah masukkan user defaultnya “admin” (tanpa tanda petik), lalu kosongkan passwordnya, lalu klick connect.



NB: apa bila list mikrotiknya tidak keluar, ketikan ip defaulnya yaitu 192.168.88.1, dengan user admin, passwordnya kosongin saja.


4.     


4. Jika anda sudah berhasil masuk dan connect ke winbox, maka anda akan melihat dasboard mikrotik, jika sudah pilih menu system > user. Lihat pada gambar dibawah


 

5   


5. Langkah selanjutnya adalah, anda akan melihat user list dalam mikrotik, disni terdapat user list defaultnya, anda boleh menghapus nya boleh tidak, tapi ingat apabila anda ingin menghapus user default nya, anda harus buat user baru terlebih dahulu. Selanjutnya klick tambah pada ikon sebelah kiri atas pada winbox anda. (Lihat gambar)




6 6. Jika sudah, lanhkah selanjutnya adalah, mengisikan user password, dan groupnya.




Isikan User dan password sesuai dengan keinginan anda, lalu group nya pilih yang full, karena nanti jika anda login dengan user yang anda buat ini, anda bisa mengganti, meng edit, menambah, ataupun menghapus konfigurasi dari mikrotik ini.


   7. Jika anda sudah mengisikan, klick Apply, lalu klik OK. Sekarang anda bisa mencoba login dengan user anda yang baru tadi.

Nah sobat, mungkin itu saja tutorial dari saya, anda bisa mempraktekan dan mengkreasi sendiri, adapaun kurang lebihnya dan saran , mohon maaf, dan silahkan isikan komentar anda pada kolom dibawah. Terimakasih.