TUTORIAL MEMBUAT BOOTABLE ISO LINUX DENGAN APLIKASI YUMI

Halo sobat bloger bertemu lagi dengan Blog Sidungu. Oke sobat kali ini saya akan membahas tentang Tutorial Membuat Bootable Iso Linux Dengan Aplikasi Yumi. Pada umum nya, kita menggunakan laptop atau komputer, ataupun pernagkat elektronik yang berbasi dekstop, pasti ada Sistem Operasi (System Operation). Nah sistem operasi ini lah yang akan membantu kalian untuk mengopersikan dari komputer/laptop ataupun juga hp. Sistem opearsi ini bisa dipakai dan digunakan dengan semestenya apabila anda teah mengistall nya dengan baik dan benar.


Dan pada umumnya, para pengguna(client) mengistall sistem operasi ini melalui bootable pada cd baik itu windows atau pun linux, penggunaan cd ini dulu sering digunakan untuk mengistall sistem operasi, namun pada kali ini teman teman bisa menginstall tanpa menggunakan cd lagi, lantas menggunkan apa ? yaa, betul kali ini kita akan menggunakan FlashDisk, nah agar kita bisa menginstall lewat Flasdisk Tentunya kita harus membbuat bootable nya terlebih dahulu. Kali ini kita akan membuat Bootable menggunakan Aplikasi YUMI , aplikasi ini adalah aplikasi untuk membuat bootable pada flasdisk .  Nah oke sobat tanpa basa basi lagi, langsung simak cara nya seperti dibawah.

Membuat Bootable pada flasdisk


  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan anda download aplikasi YUMI nya pad link ini <DOWNLOAD>

  2. Langkah kedua buka aplikasinya, Lalu pilih agree, untuk melanjutkannya.
  3. Lalu pilih arahkan ke pilihan untuk memilih Flasdisk, pastikan Flasdisk anda sudah terdeteksi oleh komputer anda, nah jika anda sudah menemukannya, pilih flasdisk yang akan anda gunakan untuk bootable
  4. Jika sudah memilih flasdisk untuk memilih bootable, pilihlah distributo apa yang anda gunaka untuk membuat bootable, Windows kah ? Atau Linux kah ? nah disini saya menggunakan Linux Ubuntu. Oh iya sobat, sebelum saya melanjutkan, saya mau kasih info sedikit, pada aplikasi yumi ini, anda bisa membuat bootable tanpa menghapus atau memformat flasdisk anda, jadi tidak perlu repot2 untuk memindah kan file2 yang ada pada flasdisk anda, namun jika anda ingin mempfortnya juga bisa, tinggal klick “Format This Disk” pada pjok kanan atas.
     

  5.  Nah langkah Selanjutnya adalah memilih Iso , pilihlah Iso sesuai Distributor yang anda gunakan untuk membuat bootable. Jika anda menggunakan Windows, pilih lah iso Windows yang akan anda gunakan untuk bottable, begitupun dengan Linux, jika anda memilih Linux, Pilihlah Iso linux yang akan anda gunakan untuk Membuat Bootable Pada Flasdisk. 
  6. Nah sobat, jika anda sudah mengikuti langkah tersebut sekarang teman teman bisa  memulai nya dengan menekan Tombol Start pada aplikasi YUMI. Tunggu saja sampai proses selesai, jika sudah selesai, silahkan Restart komputer anda, lalu silahkan mencoba untuk mengintall Sistem Operasi yang sudah anda buat bootable pada flasdisk tadi.

Oke sobat Mungkin Itu saja yang yang bisa sampaikan, apabila ada kekurangan, saran dan masukkan, silahkan tinggalkan Komentar anda pada kolom komentar dibawah..
Terima Kasih.

Salam Blogger Indonesia.